Rabu, 11 Januari 2012

Aku dan Idolaku


                                      Aku dan idola ku

Mungkin bisa dibilang aneh saya mengidolakan Bambang Pamungkas, karena saya bukan seorang yang maniak dengan sepak bola. Awal nya karena dirumah suamiku sering menonton pertandingan sepak bola, jadi mau tidak mau sesekali mataku tertuju pada pertandingan yang disiarkan ditelevisi.

Sekarang saya suka menonton pertandingan sepak bola, apalagi tim yang ada Bambang pamungkas (Bepe20). Tidak ada alasan spesifik mengapa saya menyukai Bepe20, kalau ditanya apa yang saya sukai darinya mungkin sosok nya yang selalu fair play. bepe20 dimata saya seorang yang cerdas dan bermental baja. Sikapnya yang beribawa dilapangan membuat lawannya segan.

Satu hal yang membuat saya mengangkat jempol untuk nya salah satunya saat Piala AFF 2010 kemaren. Saya kaget waktu melihat nama Bambang Pamungkas tidak ada didaftar nama-nama pemain. Mungkin buat sebagian orang itu hal biasa karena umur Bepe yang tidak muda lagi dan berbagai alasan lainnya. Sangat disayangkan Bepe yang seorang pemain senior duduk dibangku cadangan, tidak semua orang tahu apa yang sebenarnya dia rasakan karena dia selalu melihat kan wajah datar dan senyum simpulnya itu.
Sampai saat saya membaca buku yang ditulis langsung olehnya. Saya merinding membaca tulisannya. Saya akan mengutip pembicaraan Bepe dengan Alfred Riedl dari buku yang ditulis oleh bepe sendiri.

Alfred : “Bambang selama 3 bulan kita bekerja sama,tentu kamu sudah mengenal karakter saya,begitu juga sebaliknya. Saya adalah pelatih yang jujur, bicara terbuka dan langsung, saya bukan tipe pelatih yang suka bicara dibelakang”
Bepe20 : “ya,coach. Saya tahu betul akan hal tersebut.”
Alfred :”oke, bagus kalau begitu. Hari ini saya harus mengatakan dengan jujur bahwa kamu tidak berhasil menjadi bagian dari 11 pemain inti di piala AFF nanti.”
Bepe20 : “oke.”
Alfred : “ Bambang kamu adalah pemain paling senior di tim ini. Kamu sudah berada di tim ini sejak 1999. Saya tahu keputusan ini akan sangat berat buat kamu, tetapi saya harus Fair dalam membuat setiap penilaian.”
Bepe20 :” ya, coach. Saya tahu itu. “
Alfred :” asal kamu tahu Bambang, saya masih membutuh kan kamu. Sampai kapanpun, kamu akan tetap menjadi kapten dan pemimpin dari tim ini. Tidak ada yang perlu diragukan mengenai hal tersebut. Akan tetapi, saya tidak dapat berjanji apakah kamu akan turun dalam setiap pertandingan piala AFF nanti.”
Bepe20 : “ sebagai pemain, saya akan selalu menghargai dan menghormati keputusan anda sebagai pelatih. Apapun itu, walau sejujurnya hal tersebut tidak akan mudah bagi saya.”
Alfred :” jadi, kamu dapat menerima keputusan saya ?”
Bepe20 :”bisa coach, tidak ada masalah dengan hal tersebut. Anda mungkin baru mengenal saya selama 3 bulan ditim nasional. Akan tetapi, asal anda tahu, komitmen saya untuk tim Nasional akan selalu 100%. Saya harap anda tidak meragukannya.”
Alfred :” satu hal yang harus kamu tahu, bambang, semua orang dalam tim ini adalah manusia-manusia bebas. Setiap orang boleh pergi jika merasa tidak puas atau tidak nyaman dan itu juga berlaku buat kamu dan juga saya. Jadi, jika kamu merasa tidak puas dengan keadaan ini, kamu berhak untuk meninggal kan tim ini dan saya akan sangat menghormati keputusan kamu tersebut. Bagaimana ?”
Bepe20 :” Tidak, coach ! apapun konsekuensinya, saya akan tetap berada disini. Kecuali jika anda meminta saya untuk meninggalkan tim ini, maka saya akan segera mengemas barang-barang saya dan pulang menemui keluarga saya.”

Itu sedikit tulisan yang saya kutip dari buku ‘ketika jemariku menari’. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana perasaan Bepe kala itu. Dia yang selalu menjadi tim inti dengan lapang dada menerima keputusan pelatihnya. Dan siap melakukan apa yang terbaik buat negaranya. Bagaimana dengan kita ?
Satu hal yang saya contoh darinya adalah semangatnya. Dia mempunya semangat yang luar biasa membela Negara dengan kemampuannya, walau diluar banyak nada-nada sumbang dan cemoohan orang. Dia selalu bekerja keras dan melakukan semua yang dia bisa untuk membela tim ataupun club nya.
Moto yang sering saya baca di twitter nya adalah “jangan pernah berhenti bermimpi karena mungkin suatu saat nanti mimpi kalian akan menjadi kenyataan”
Itulah yang sekarang saya lakukan !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar